Senin, 16 Januari 2012

PonoREog.....

sugeng rawuh para sedulur dateng kutho ponorogo


PONOROGO,
tak terasa sudah 24tahun kehidupanku kulalui di kota ini,yap PONOROGO , sebuah kota kabupaten yang tidak terlalu luas, tapi nan asri dan dinamis.......kota yang terkenal dengan kebudayaan reognya...atau sering kita dengar dengan sebutan ''REOG PONOROGO " sebagai salah satu putu warok ponorogo, senang rasanya kebudayaan ini dapat diakui di mata dunia.....lets see more closer about my lovely city....
GREBEG SURO di PONOROGO

dsc_0158 
 festival reog nasional yang diadakan setiap tangga 1 hijriah,

grebeg-suro-12 

grebeg-suro-181grebeg-suro-171
grebeg-suro-111
kirab pusaka 
a_060314_danau09 
keesokan paginya pas tanggal 1 Suro ada acara Larung Risalah Do’a di Telaga Ngebel, dimana nasi tumpeng dilarung ketengah-tengah telaga. Telaga Ngebel ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan kota Ponorogo, Udara yang sejuk serta warna air telaga yang biru membawa perasaan yang damai dan tentram bila sedang berada di sana.
telaga Ngebel ini sebenarnya cukup bagus untuk dikunjungi karena pemandanganya yang menarik dan indah namun karena pengelolaan yang kurang optimal menjadikan tempat wisata ini tidak begitu di kunjungi wisatawan.



MAKANAN KHAS KOTA REOG 


 
dsc_0259 
sate ayam (yuumiieee ><)
Kalau masalah Kuliner di Ponorogo nggak  kalah lezatnya dengan masakan modern jaman sekarang. Sate Ponorogo enaknya memang tiada duanya, satenya sih hampir sama dengan dengan kebanyakan sate-sate yang lainya, yang menjadi ciri khas sate Ponorogo ini adalah Potongan daging yang pipih memanjang, jadi dalam satu tusuk sate hanya terdiri 1 atau 2 potong daging saja. Sate Ponorogo memiliki ukuran dua kali ukuran sate madura, Bumbunyapun rasanya lebih nikmat. Kalau anda sedang berkunjung ke Ponorogo jangan lupa untuk mencicipi lezatnya sate khas Ponorogo ini disekitar pertigaan jalan Gajah Mada, Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Jend. Sudirman atau tepatnya di depan BCA Ponorogo terdapat berderet-deret penjual sate.Atau biasanya ada di Gang Sate jalan lawu ponorogo.Disepanjang gang tersebut semuanya berjualan sate ayam, dan yang paling terkenal milik pak tukri...sate nyaa mantanbs gan!!!!


pecel 
Sego Pecel Pincuk 
Ada juga Nasi Pecel Khas Ponorogo, memang masih terbawa nuansa Madiun tapi pecel Ponorogo nggak kalah lezatnya. Bumbu sambal kacangnya pedasnya mantab banget,, nasi pecel yang sering dikenal di Ponorogo ini yaitu nasi pecel tumpuk yang tempatnya da dijalan kawung desa Mangunsuman.

dawet-jabung 
dawet jabung

dawet jabung nan seger ini bisa kita nikmati di desa jabung, arah selatan kota ponorogo dari desa siman.Es nan segar ini cocok dinikmati di saat udara ponorogo yang kadang sangat terik,ditambah lagi yang jualan cuantik plus senyumnya sumringah tambah manteb aja minum dawet jabungnya.......hehehheheheheeheh



 
jenang mirah
Asal mula nama Jenang Mirah dari nama ibu yang membikin jenang yaitu ibu Mirah. Karena waktu itu orang mengetahui produk dari nama pembuatnya. Sehingga sampai sekarang pun nama tersebut menyatu dengan makanan Khas Ponorogo yaitu Jenang Mirah / Jenang bikinan ibu Mirah Oleh oleh Khas Ponorogo Jenang Mirah sejak 1955. Josari - Jetis - Ponorogo - Jawa Timur - Indonesia telp. 0352 311800. Merupakan makanan khas ponorogo yang dibuat dari bahan bahan asli yaitu beras ketan, gula kelapa dan santan buah kelapa, tanpa bahan pengawet. Termasuk makanan basah karena hanya tahan satu minggu, kecuali di freezer/cooker. Jenang Mirah makanan khas Ponorogo untuk dihidangkan bersama minuman apapun disantap sambil jagongan/ berbincang bincang dengan sahabat teman dan saudara. Di outlet Jenang Mirah yang buka mulai jam 05.30 - 20.00 WIB di Jalan Raya Ponorogo-Trenggalek Km 7, dekat Pondok Modern Gontor Ponorogo, ada berbagai kue kering yang pas buat oleh-oleh khas Ponorogo.
pONorOGO in CAmera.....

366494176_f8be29205a1366494175_c4fa7fa2741
Gapura reyog ini terletak pada km 8 dari Ponorogo menuju arah madiun. pada sisi kiri dan kanan gapura terdapat dua pasukan Reyog yang seakan-akan mau bertarung


kantor-pemkab-ponorogo1
Kantor Bupati Ponorogo dan Lantai Tingkat 8



374975909_9a0422e61a2374975914_c18e2b489d2
disetiap sudut kota Ponorogo masih sangat banyak dijumpai rumah dengan arsitektur khas ini sebagai jejak-jejak orang kaya jaman dulu yang terkenal karena batiknya.


pasar-songgolangit
Sonngolangit adalah nama pasar di kota Ponorogo, nama itu dikaitkan dengan cerita Prabu Kelana Sewandana yang meminang Putri Kediri Dewi Sangga langit




patung-di-perempatan-ponorogo1366494178_aab44e3bf51
Hiasan Patung Warok di Perempatan Kota Ponorogo





masjid-ahung-ponorogo-dan-menara
Masjid Agung Ponorogo dan Menaranya



taman-kota-tampak-dari-atasblok-macan
taman kota tampak dari atas



gapura-masuk-arena-makan-batoro-katong
Gapura Pintu masuk ke arena makam Batara Katong (Pendiri kota Ponorogo)


 
Ponorogo Permai (POPER) merupakan salah satu modern market yang pertama berdiri di ponorogo dan merupakan salah satu tempat belanja favorit warga ponorogo.Terletak di selatan aloon-aloon ponorogo. 

TELAGA NGEBEL
02112008395ngebel-13
Panorama keindahan Telaga Ngebel





 



Tidak ada komentar: